Archive

Archive for the ‘Foods & Drinks’ Category

Tumis Kentang

December 26, 2008 1 comment
Kentang means potato (in English), or 감자 (in Korean).
Tumis Kentang

Tumis Kentang

Serves: approx. 5-6 times eating
Preparation time: 10 minutes
Cooking time: approx. 10-15 minutes

Ingredients:

  • 2 potatoes (medium size), thin sliced
  • 3-4 green chilies (청양 고추), thin sliced
  • 2 teasp minced garlic
  • 1 spoon coconut sugar, sliced
  • Salt
  • Vegetable oil

Directions:

  1. Add a little oil into the frying pan
  2. Add garlic into hot oil, followed by green chillies
  3. Add coconut sugar and salt
  4. Drop the potatoes, and add water (to help the potatoes cooked quickly)
  5. Mix them thoroughly, and wait until it fully cooked
Advertisements

Fried Tuna with Egg

December 25, 2008 3 comments

Resep ini sudah sering dibuat sebenarnya. Terutama di saat gejala malas berat sedang melanda. Mudah dan cepat banget buatnya. Yang penting, siap sedia tuna kaleng ajah (aku selalu beli merk Ottugi/오뚜기) dan telur ayam 😀

Fried Tuna with Egg

Fried Tuna with Egg

Serves: 4 times eating
Preparation time: 5 minutes
Cooking time: approx. 7-10 minutes

Ingredients:

  • Red pepper tuna (고추 참치), can 150 gr
  • 1-2 green chilies (청양 고추), thin sliced
  • 2 eggs
  • 2×10 cm scallion, finely chopped
  • Salt
  • Vegetable oil

Directions:

  1. Drop the eggs, add chopped scallion, green chillies, and salt, in a bowl
  2. Add tuna, and mixed them throughly
  3. Add a little oil into frying pan
  4. Fry the mixed ingredients-like omelette, until it cooked

This recipe is also posted in Fried Tuna With Egg on Foodista

Categories: Foods & Drinks, Recipes Tags: , , ,

Tumis Teri Pedas Manis

November 23, 2008 2 comments

Resep ini dibuat tadi malam. Gara² ngidam berat sama teri asin jengki cabe ijonya mami. Jumat malam setelah pulang les korea nyempetin ke Highway Mart beli teri (anchovy) yang sudah dipak rapi juga cabe ijo pedas (청양 고추). Lalu Sabtu sore nelpon mami tanya resepnya. Ternyata mudah banget lho buatnya.

Tumis Teri Pedas Manis

Tumis Teri Pedas Manis

Serves: I can have it for 3 days (three times a day)
Preparation time: 5 minutes
Cooking time: approx. 20 minutes

Ingredients:

  • 150 gr dried anchovy
  • 7 green chilies (청양 고추), thin sliced
  • 5 small red onions, sliced
  • 2 teasp minced garlic
  • 1 spoon coconut sugar, sliced (you can add it if you want more sweet taste)
  • Salt
  • Vegetable oil

Directions:

  1. Anchovies are fried separately
  2. Add a little oil into the frying pan
  3. Add green chillies into hot oil, followed by the garlic and red onions
  4. Add coconut sugar and salt
  5. Drop the anchovies, and mix them thoroughly

PS: serve it with hot rice.. nyaaammmmmssss 😀
This recipe is also posted in Sweet and Spicy Fried Anchovy on Foodista

Fried Bean Curd with Tomato

September 1, 2008 2 comments
Fried Bean Curd with Tomato

Fried Bean Curd with Tomato

Serves: 3 to 4
Preparation time: 20 minutes
Cooking time: 25 minutes

Ingredients:

  • 2 packs of soft bean curd (연두부) @300 gr, small square sliced
  • Cabbage (few amount), fine chopped
  • 2 eggs, well stirred (add salt and pepper)
  • 2 red tomatoes, fine chopped
  • 2 green chilies, sliced
  • ¼ onion, sliced
  • 3 garlic, fine chopped
  • Pepper
  • Salt
  • Vegetable oil

Directions:

  1. Fry tofu for 5 to 10 minutes, separately
  2. Add a little oil into the frying pan
  3. Add onion into the hot oil, followed by garlic and green chilies
  4. Drop tomatoes, fried until well cooked (you’ll get the liquid tomato)
  5. Add cabbage, salt, and pepper according to your taste, and mix them thoroughly
  6. Add tofu
  7. Drop the egg, stir until well mixed

Gado-gado atau Pecel??

April 28, 2008 9 comments

Obrolan tadi siang (KST) dengan mas Arief sedikit banyak sudah mengusik pikiranku mengenai judul di atas. Iyah.. salah satu menu lunch favoritnya mas Arief ini: * Gado-gado plus kerupuk *. Hmm dalam hal ini kita berseberangan (haha so happy that we have some differences in food preferences 😆 ) iyalah daripada berantem rebutan tahu mlulu (kalau yang ini terlalu berlebihan kayanya..kkk)

Okay.. yang kenal diriku tahu betul, kenapa aku ndak suka gado-gado. Tapi, aku suka pecel lho! Nah terus apa bedanya? Lalu kalo ketoprak gimana? Nah lho.. bingung deh jawabnya.. err bukannya beda yah? Setelah searching sana-sini.. memang ternyata beda lhoo.. hihi walaupun sama² menggunakan saus kacang atau sambal sebagai bumbunya.

Jadi, ada beberapa jenis makanan yang menggunakan saus atau sambal kacang ini. Diantaranya Lotek (sumpe daku baru tahu kalo ada ini makanan) yang asalnya dari daerah Jawa Barat, Gado-gado dari daerah Jakarta (dan Jawa Tengah??), Pecel dari Jawa Timur, Karedok, Ketoprak, dan Rujak Cingur. Weh banyak juga yah, dan belum semuanya aku pernah coba. Mari kita kupas satu-satu yah 🙂 (emangnya wortel pake dikupas segala)

Lotek

Lotek ini asalnya dari daerah Jawa Barat. Bahannya hampir sama dengan gado-gado dan mayoritas direbus, namun dengan variasi yang lebih sedikit dan tidak menggunakan tauge (kecambah), telur rebus, dan emping. Selain itu, perbedaan terdapat di bumbunya. Bumbu lotek lebih kental rasa kencurnya. Sayuran yang digunakan untuk lotek terdiri dari: bayam, kacang panjang, kapri, daun kacang kedelai, dan yang lainnya (opsional). Untuk bumbunya, biasanya diulek jadi satu dengan kentang rebus, kemudian diaduk dan dicampur dengan sayurannya, ditambah kerupuk sebagai pelengkap. Untuk variasi, dapat disantap dengan menggunakan nasi, ketupat, atau mie.

Gado-gado

Nah kalo gado-gado, salah satu menu favorit keluargaku juga (apalagi kalo mami lagi gak masak hehe 😆 ). Hampir semuanya suka kecuali diriku. Aku sering makan sih, tapi kerupuknya aja hehe 😀 Bener² makan satu porsi penuh itu terakhir kali di Gado-gado Boplo dekat stasiun Gondangdia waktu jamannya ngantor di Kebon Sirih dulu. Hihi itupun ditraktir sama pak Ronny (Trims ya Pak 😀 ). Tapi memang gado-gado nya enak sih (katanya sambal kacangnya pake kacang mede lho), cuma mungkin porsinya kebanyakan kali ya buat ukuran perut ku yang mungil ini ~halah.

Kalau Gado-gado asalnya dari daerah Jakarta. Isinya lumayan banyak dan variatif, dan hampir semuanya direbus (kecuali selada, which is aku gak pernah nemu yang pake selada). Ada kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah, kol, dan labu siam + kentang rebus, telur rebus, serta tahu dan tempe yang dipotong kotak dadu kecil² + kerupuk sebagai pelengkap :D. Untuk sambal kacangnya, terdiri dari ulekan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk halus, terasi, garam, gula merah, air asam jawa, dan cabai. Kemudian sambal kacangnya diaduk dengan isinya. Untuk variasi, dapat disantap dengan nasi atau lontong.

Pecel

Hihi kalau pecel sih suka banget. Dulu jamannya masih imut² sekolah dulu, tiap sore (aku dan adik²) sering banget nungguin yu (lupa namanya siapa) yang jualan pecel. Wah manteb tenan..masih inget aku. Pecelnya pake kerupuk besar melingkar yang warnanya kuning itu, pake sambal kacangnya yang sedikit pedas, plus kepala ayam dan ceker ayam yang biasanya sudah dibumbu cabai kuning pedas..slurpppp. Sejak disini, terhitung sudah 4 kali bikin pecel, 3 kali bareng Pita dkk (grup masak lama) sekali bareng grup masak baru (Santi-Tata-Rusdi). Kita buat tentunya dengan modifikasi sayuran disana-sini karena agak susah cari sayuran yang persis seperti di Indonesia. Tapi, bumbu pecelnya tetep dong merk Karangsari, yang menurut Pita bikinan daerah Blitar (weh hebat ya Pit bumbu pecelnya bisa ekspor sampai ke Koria bahkan hingga ke negeri Belanda kkk), jadi agak² berasa bangga gimanaaa gitu ~halah..

Ok balik ke pecel, kalo sayuran mungkin mirip² yah sama gado-gado yang direbus walaupun ada bedanya seperti daun pepaya, dan daun singkong. Pelengkapnya bisa dengan telur ceplok, rempeyek kacang-teri-atau udang, sate telur puyuh, atau tahu dan tempe bacem. Untuk bumbu kacangnya, biasanya sudah tersedia bumbu jadi yang bentuknya kotak itu. tinggal diseduh air panas. Aku insist kalo pecel itu beda dengan gado gado. Bedanya dimana? Nah perhatiin deh di bumbunya. Terasa banget ada taste atau aroma daun jeruknya 😀 Itu yang bikin beda 😉

Karedok

Kalau karedok aku gak begitu tahu nih, dan lupa juga pernah makan atau ngga. Menurut sumber yang didapat, karedok ini bahan sayurannya mentah alias tidak direbus. Sayuran mentahnya terdiri dari: kol, kecambah, kacang panjang, terung hijau, dan daun selada. Untuk sambel kacangnya sendiri, terdiri dari kacang tanah, cabai, garam, kencur, dan gula merah. Biasanya disajikan dengan kerupuk bawang atau kerupuk udang.

Ketoprak

Pernah makan, dan terasa sekali manisnya (mungkin karena efek kecap manis yang ditambahkan diakhir penyajian). Ketoprak ini khas karena tidak terdapat sayuran hijau didalamnya. Bahannya terdiri dari Kecambah rebus, bihun rebus, telur rebus, tahu goreng, dan sambal kacang (kacang tanah, tanah, cabai, bawang putih, dan garam). Biasanya disajikan dengan ketupat + kerupuk bawang, taburan bawang goreng serta kecap manis.

Rujak Cingur

Kalau menurut wikipedia, rujak cingur asalnya dari daerah sekitar Surabaya, Jawa Timur. Terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur), bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng dan garam. Kenapa disebut rujak cingur? Ya karena pake cingur, atau hidung sapi rebus (beef snout) 🙂

Jadi… begitulah kira² seputar gado-gado, pecel dan varietas makanan lainnya yang menggunakan sambal kacang. Sudah terjawab kan bedanya dimana dari kesemua makanan itu? Hehe jadi nanti kalau ada yang tanya dah gak bingung lagi njawabnya.. 😀

Huhuhu jadi pengen pulang 😦

* Tulisan diolah dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi 😀 *

Referensi:

Fried Rice with Anchovy

March 21, 2008 6 comments

Fried rice with anchovy

Serves: 1 to 2
Preparation time: 15 minutes
Cooking time: 15 minutes

Ingredients:

  • 210 gr cooked white rice
  • Anchovies
  • 100 gr of enoki mushroom, cut
  • 1 egg 
  • 2 green chilies, sliced
  • ¼ onion, sliced
  • Chili powder
  • 2 teaspoon of coriander powder
  • Mustard seeds
  • Salt
  • Vegetable oil 

Directions:

  1. Egg and anchovies are fried separately. Stir egg rapidly to break it up
  2. Add a little oil into the frying pan
  3. Add mustard seeds into hot oil, followed by the onion and the green chilies
  4. Drop the enoki mushroom
  5. Add corriander powder, salt and chili powder according to your taste, and mix them thoroughly
  6. Drop the egg, the anchovies, and the rice. Stir until well mixed

Kolak pisang

February 6, 2008 1 comment

Kolak Pisang

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang
  • 75 gram coconut powder
  • 2 blok gula merah
  • 1000 ml air matang untuk kuah kolak (atau sesuaikan dengan kebutuhan)
  • Garam secukupnya

Pisang potongCoconut powder & palm sugarCoconut milkBoiled water with coconut milk & palm sugar

Cara Memasak:

  1. Potong potong pisang dengan ukuran kecil (lihat gambar)
  2. Iris tipis gula merah supaya mudah larut ketika dimasak bersama coconut milk 
  3. Buat coconut milk: campur coconut powder dengan 250 ml air matang, aduk rata
  4. Masukkan coconut milk ke dalam air matang, diiukuti dengan irisan gula merah. Aduk rata dan rebus hingga mendidih.
  5. Masukkan potongan pisang, rebus kembali hingga 2/3 lunak
  6. Siap dihidangkan